PROGRAM LINEAR (SOAL CERITA)

29 09 2009
  • Pada daerah tanah seluas 24.000 m2 dibangun perumahan dengan dua tipe.Tipe A dengan luas 150 m2 dan tipe B dengan luas 100 m2.Jumlah rumah yang dibangun tidak lebih dari 200 unit.Jika laba untuk setiap rumah tipe A Rp 4.000.000,00 dan setiap rumah tipe B Rp 3.000.000,00 maka laba maksimum yang dapat diperoleh adalah… (Ujian Nasional 2007/2008)
  • Luas daerah parkir 1.760 m2.Luas rata-rata untuk mobil kecil 4 m2 dan mobil besar 20 m2.Daya tampung maksimum hanya 200 kendaraan.Biaya parkir mobil kecil Rp 1.000,00/jam dan mobil besar Rp 2.000,00/jam.Jika dalam satu jam terisi penuh dan tidak ada kendaraan yang pergi dan dating maka hasil maksimum tempat parkir itu adalah… (Ujian Nasional 2006/2007)
  • Seorang pedagang sepatu mendapat untung Rp 5.000,00 untuk model sepatu A dengan harga pembelian Rp 50.000,00 (sepasang) dan mendapat untung Rp 15.000,00 untuk sepatu model B dengan harga pembelian Rp 100.000,00 (sepasang).Jika kiosnya dapat menampung 300 pasang sepatu dan modal yang ia punya sebesar Rp 25.000.000,00.Maka agar untungnya maksimum ia harus membeli sepatu model B sebanyak… (Ujian Nasional 2005/2006)
  • Pesawat penumpang mempunyai tempat duduk 48 kursi.Setiap penumpang kelas utama boleh membawa bagasi 60 kg sedangkan kelas ekonomi 20 kg.Pesawat hanya dapat membawa bagasi 1.440 kg.Harga tiket kelas utama Rp 150.000,00 dan kelas ekonomi Rp 100.000,00.Supaya pendapatan dari penjualan tiket pada pesawat penuh mencapai maksimum, jumlah tempat duduk kelas utama haruslah… (UMPTN/A/2000)

  • Seorang pembuat paku membuat jenis paku dari bahan yang tersedia yaitu 5,5 kg bahan A dan 2 kg bahan B.Paku jenis I tiap buah memerlukan 200 gram bahan A dan 75 gram bahan B, sedangkan paku jenis II tiap buah memerlukan 150 gram bahan jenis A dan dan 50 gram bahan jenis B.Jika pengusaha menjual paku I dengan harga Rp 500,00 dan paku II dengan harga Rp 350,00 maka hitunglah berapa buah paku I dan paku II yang harus dibuat agar penghasilan pengusaha maksimum ?

Itulah contoh soal-soal tentang PROGRAM LINEAR (SOAL CERITA).Materi ini terutama dibutuhkan oleh pelajar-pelajar kelas XII SMA (3 SMA), karena materi ini tercantum di silabus pembelajaran.Silakan di simpan.Thanks

To be continued…

About these ads

Actions

Information

25 responses

12 02 2010
barokhah

tolong diberi pembahasan soal program linear (soal cerita)nya.thanks….

2 03 2010
afin

dikasi jawabannya juga dongg

hayo semangat, ntar kalo saya kasih jawaban buat Anda…kan nggk asyik, saya yakin Anda semua pasti bisa :-) ;-) :idea:

13 03 2010
RIYAN

TERIMA KASIH.MOGA SUKSES

sama-sama, amien, semoga kita bisa dengan lancar mengerjakan setiap soal.
good work
:-) ;-)

10 06 2010
painem

kok gag ada pembahannya sih???? aq butuh soal dg pembhasannya

bukan saya nggk mau memberikan pembahasan, tapi alangkah baiknya jika Anda corat-coret untuk mencari hasilnya.Banyak referensi yang bisa digunakan, saya hanya memberikan contoh soal yang menurut saya lumayan bagus :-) ;-) :) thanks

16 06 2010
Disty

apaan ??
to be continued lgii .. apaan nehh ??

maksudnya nanti materi ini akan dilanjutkan atau bersmbung :-) ;-)
sabar ya :idea:

30 08 2010
Cabil

aduuuuuhhh pusing deh gue :( guru ga jelas banget ngajarnnya, gue kira di sini ada pembahasannya juga, ternyataaaa.. hmmmmm

saya sengja tidak mentautkan pembahasannya agar Anda sekalian lebih bisa mengeksplor diri Anda utk memahami soal tersebut serta mencari cara menjawab yang tepat
:lol: :razz:

30 08 2010
bim-bim

ini mana penjelasannya SWT

you wanna try :smile: :grin:

10 11 2010
muxafirkelana

yang persamaan diferensial mana???

10 11 2010
muxafirkelana

riko koq mlegedhes…

10 12 2010
lisa

oooo

10 12 2010
melisa ajha

pusing ua klo matematika

11 08 2011
masmunif

THANKS SOB
SOAL2 LAINE MANNE…..?
SALAM KENAL

6 12 2011
fitri

thanks sob soal-soalnya……..
itu sangat membantuku…….
heheheheh

6 02 2012
herminabarus

kasi penjelasan dong

19 04 2012
Libros Jak

aku coba2 ngejawab soal di atas ya (tapi fungsi tujuannya saja), kalau hasilya pakai solusi Grafik Program Linear atau dengan Ms. Excel juga bisa:

1. Maksimalkan Z= 4.000.000×1 + 3.000.000×2

Dgn
Batasan:

150X1 + 100 X2 =< 24.000 m2
X1+X2 =< 200 unit

2. Maksimalkan Z= 1.000×1 + 2.000×2

Batasan:

4X1 + 20 X2 =<1760 m2
X1 + X2 = 200 kendaraan

3. Maksimalkan Z = 50.00X1 + 15.000X2

Batasan:

50.000X1 + 100.000X2 =< 25.000.000 (modal)
X1 + X2 = 300 pasang sepatu

4. Maksimalkan Z= 150.000X1 + 100.000X2

Batasan:

X1 + X2 = 48 kursi
60X1 + 20X2 =< 1.440 kg

X1=jumlah tempat duduk kelas utama
X2 = jumlah tempat duduk kelas ekonomi

5. Maksimalkan Z= 500X1 + 350X2

Batasan:

200X1 + 75 X2 =<5.500 gram bahan A (karena 5,5 kg=5.500 gram)
75X1 + 50 X2 =< 2.000 gram bahan B

(selamat mencoba), kalau ada yang kurang jelas, maafin ya soalnya kita juga lg belajar nih.

22 05 2012
fha fha rifha

sma grafik dan tabel nya donk kan aku jga pngen samain isi aku ma kalian bnr apph gk nya …

24 06 2012
Amel

Makazi, bwt cntoh soalx

19 11 2012
deki boimau

makasi krna bnyk membntw

20 11 2012
deki boimau

mana jawaban nya? siapa yang bisa berani jawab

30 03 2013
Apik

Di buku soal .. disini soal ,,, gimana bisanya ,,
memahami materi itu lebih susah gan klo g di beri contoh nya

27 08 2013
edria

Perusahaan sdg mencari kebutuhan minimal karyawan yg bekerja setiap harinya karyawan hari senin-minggu adalah 17,13,15,19,14,16,11org.
Kebijakan perusahaan memberikan libur 2 hari setelah 5 hari kerja berturut-turut. Buatlah formulasi model. ada yang bisa bantu saya? terima kasih

26 09 2013
Nielz Stone

bro sorry copas bro ini buat bantu temen temen sorry ya

13 10 2013
BANYUWANGI11

soale kok gampang2 banget, tolong buat yang lebih sulit lgii ank sd bisa tuhh…

7 08 2014
dh

izin copas ya :)

11 08 2014
princesselk

materi ini lumayan rumit ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 30 other followers

%d bloggers like this: